Favorit

Breaking News

Tutorial Blender #03 - Assign Material


Design Labs - Blender adalah software 3D yang berfungsi untuk melakukan modeling 3D dan animasi. Output pada blender bisa digunakan untuk membuat film animasi atau dijadikan bagian dari asset game.

Dalam tutorial kali ini, kita akan menggunakan blender versi 2.80 dengan tujuan untuk memahami konsep assign material dasar pada blender.

Langkah pertama buatlah file baru dengan Blender


Kemudian pilih menu EDIT MODE atau tekan tombol TAB pada keyboard


EDIT MODE merupakan mode khusus Blender untuk melakukan modeling pada mesh. Tapi dalam tutorial kali ini, kita belum akan melakukan modelling. 


Namun bila anda penasaran, berikut ini adalah beberapa langkah dasar dalam modelling 3D. 


Yang pertama adalah mode VERTEC atau titik. Pilihan menunya ada di pojok kiri atas, sebelah kanan combo Edit Mode (Rada nyempil gitu). Jika anda klik salah satu sudut pada kubus, maka anda bisa memanipulasinya.


Caranya? Pilih tool Translate di menu kiri, dan tarik ujung titiknya sesuai keinginan anda.


Yang kedua adalah mode EDGE atau garis. Jika anda klik salah satu garis pada kubus, maka anda bisa memanipulasinya.


Dengan cara yang sama, anda tinggal menariknya sesuai keinginan.


Yang ketiga adalah mode FACE atau bidang. Jika anda klik salah satu bidang pada kubus, maka anda bisa memanipulasinya.


Sama juga. Tarik saja bleh. Ketiga jenis mode itu merupakan pondasi utama modeling pada blender.


Namun dalam tutorial kali ini, kita hanya akan fokus pada assign material. Jadi pilih mode Face, dan buat material baru. 


Kasih warna yang anda inginkan.


 Aktifkan shader view agar warnanya bisa terlihat. Menunya ada di pojok kanan atas, yang kayak bola-bola bulet tuh.



Selanjutnya tambahkan material baru. 


Buat material baru dengan warna baru


Klik salah satu face, pilih material barunya, dan klik Assign (Tombol pertama di bawah panel material )


Dengan cara yang sama, buat material lainnya yang warna hijau. Mudah bukan?


Kalau sedikit memang mudah. Tapi bagaimana jika modelnya sudah kompleks dan jumlah meshnya banyak? Nah, di situlah tantangannya. Cobalah warnai objek Suzzane dengan menggunakan teknik Assign Material. Sangat disarankan bagi anda untuk membaca terlebih dahulu tutorial sebelumnya: https://www.designlabs.online/2019/10/tutorial-blender-02-camera-rendering.html

Tipsnya adalah warnai terlebih dahulu Suzzane sebelum anda tambahkan modifier Subdivision Surface untuk memperhalus (menambah banyak poligonnya).



No comments