Favorit

Breaking News

Tutorial Blender #07 - Rigging & Bone Animation


Design Labs - Blender adalah software 3D yang berfungsi untuk melakukan modeling 3D dan animasi. Output pada blender bisa digunakan untuk membuat film animasi atau dijadikan bagian dari asset game.

Dalam tutorial kali ini, kita akan membuat rigging sederhana pada Blender.

Pertama-tama buatlah aplikasi baru pada Blender


Masuk ke Edit Mode


Pilih Face Selection dan klik bagian atas Cube


Tekan E (Extrude) dan naikkan ke atas


Lakukan 4 kali Extrude sampai Cube memiliki 4 segmen


Kembali ke Object Mode. Beres. 


Rigging

Selanjutnya tambahkan Armature 


Nggak keliatan euy soalnya defaultnya ada di tengah di dalam Cube. Tekan Z dan pilih Wireframe


Nah, mode ini akan membuat kita bisa melihat ala Superman


Cari Bonenya


Scale sesuai dengan ukuran 1 Segmen Cube


Habis itu masuk ke Edit Mode


Klik bagian ujungnya


Tekan E (Extrude) dan buat duplikat beberapa kali


Sampai jumlahnya sama dengan segmen pada Cube


Sip! Sampai sini Mesh beres, bone juga beres.


Selanjutnya klik Cube, tekan Shift, dan klik Bone (Cube jadi warna merah, Bone jadi warna orange)


Klik menu Object > Parent > With Automatic Weights (Awas! Screen Shotnya hoax - Mestinya menu yang atasnya, hehehe)


Nah, sampai sini beres. 


Selanjutnya pindah ke Pose Mode.


Coba gerakan Bonenya, jika Meshnya ikut berarti sudah benar


Masuk ke shader mode (biar meshnya kelihatan)


Hm, agak susah nih ngeditnya. Masuk dulu deh ke Object Mode


Klik Bone


Cari diproperty sebelah kanan dan Centang In Front 


Fungsi itu berfungsi supaya Bone kelihatan meski ada mesh. Kita bener2 jadi Superman nih.


Bone Animation 

Oke, sekarang kita akan bikin animasi. Caranya, buat dulu pose yang anda ingikan pada bone + Mesh. Setelah itu Select semua Bonenya, Klik + Shift. Kemudian tekan I dan pilih LocRotScale.

Jika anda lupa langkah LocRotScale bisa membaca dulu tutorial sebelumnya yaitu https://www.designlabs.online/2019/10/tutorial-blender-06-text-modelling-animation-render.html


Pindah ke Keyframe selanjutnya. Ubah pose, dan LocRotScale lagi.


Pindah ke Keyframe selanjutnya. Ubah pose, dan LocRotScale lagi.


Pindah ke Keyframe selanjutnya. Ubah pose, dan LocRotScale lagi.


Setelah selesai, uji hasil animasi anda (yang pastinya gajenya super parah itu) dengan klik pelan-pelan pada Timeline


Geser terus. Hmm, ancur


Geser lagi. Wadaaw, makin nggak jelas. 


Oke gpp. Next, aktifkan kamer dan Lock Camera View


Atur output Path dan jangan lupa tipe filenya jadi AVI JPEG


Klik  menu Render > Render Animation


Tunggu beberapa saat. Sampai film animasi super gaje-nya selesai. Yeeey!



No comments