Favorit

Breaking News

Tutorial Unity #01 - Pro Builder (Introduction)



Design Labs - Tutorial ini akan menjelaskan tentang penggunaan dasar Unity yang terkait dengan fungsi Project, Scene, GameObject, Component dan VariableSelain itu tutorial ini akan mengupas sedikit tentang penggunaan Pro Builder pada Unity.

Langkah pertama buat aplikasi baru dengan Unity



Hierarchy Project Unity adalah sebagai berikut:


SATU PROJECT Unity, terdiri dari BEBERAPA SCENE (1-n) yang ditunjukkan pada panel Project Assets


SATU SCENE Unity, terdiri dari BEBERAPA GAMEOBJECT (1-n) yang ditunjukkan pada panel Hierarchy


SATU GAMEOBJECT Unity, terdiri dari BEBERAPA COMPONENT (1-n) yang ditunjukkan pada panel Inspector.

Dan, SATU COMPONENT Unity, terdiri dari BEBERAPA VARIABLE (1-n) yang juga ditunjukkan pada panel Inspector.



Pembuatan Level

Dalam tutorial kali ini kita akan mencoba membuat level sederhana dengan Unity. Caranya akses menu GameObject > 3D Object > Plane




Atur Plane di tengah kamera


Atur Scalenya 10,1,10


Buat material dengan cara klik kanan pada panel Assets > Material


Ganti warnanya misalnya menjadi MERAH


Pasang Material tersebut pada Plane. Sip! Jadi deh


Selanjutnya kita akan tambahkan package PRO BUILDER. Caranya? Klik menu Window > Package Manager


Cari package PRO BUILDER dan klik INSTALL


Setelah proses instalasi selesai, akses menu Tools > ProBuilder > ProBuilder Window


Klik icon change icon, dan pilih USE ICON MODE


Kalau tampilan menunya sudah seperti ini berarti sudah benar.


Cara membuat Cube

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CUBE


Atur nilai parameter yang dibutuhkan


Kemudian klik tombol BUILD


Cara membuat Prism

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek PRISM


Atur nilai parameter yang dibutuhkan


Kemudian klik BUILD


Cara membuat Stair

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek STAIR


Atur nilai parameter yang dibutuhkan


Kemudian klik tombol BUILD


Cara membuat Cylinder

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CYLINDER


Atur nilai parameter yang dibutuhkan


Kemudian klik tombol BUILD


Cara membuat Door

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek DOOR


Atur nilai parameter yang dibutuhkan


Kemudian klik tombol BUILD


Cara membuat Plane

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek PLANE


Atur nilai parameter yang dibutuhkan


Kemudian klik tombol BUILD


Cara membuat Pipe

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek PIPE


Atur nilai parameter yang dibutuhkan


Kemudian klik tombol BUILD


Cara membuat CONE

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CONE


Atur nilai parameter yang dibutuhkan kemudian klik BUILD


Cara membuat Arch

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek ARCH


Atur nilai parameter yang dibutuhkan


Kemudian klik tombol BUILD


Cara membuat Sphere

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek SPHERE


Atur nilai parameter yang dibutuhkan


Kemudian klik tombol BUILD


Cara membuat Torus

Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek TORUS


Atur nilai parameter yang dibutuhkan


Kemudian klik tombol BUILD


Selanjutnya buatlah material hijau


Buat juga material biru


Buat juga material ungu


Buat juga material orange


Pasang setiap material pada objek yang sudah dibangun


Selanjutnya adalah langkah yang paling penting yaitu download Variabel Model yang merupakan bagian dari Zetcil Framework


Pasang prefab VarPlay


Centang Mesh Rendere agar kelihatan objek dasarnya


Selanjutnya atur posisi PANDANGAN ANDA, kira-kira seperti pada Scene berikut.

Setelah itu klik GameObject MainCamera


Atur PANDANGAN CAMERA (kotak kecil - Camera Preview) agar sesuai dengan PANDANGAN ANDA (kotak besar - Scene) dan klik menu GameObject > Align With View

Catatan: Langkah ini merupakan langkah super-penting dan merupakan langkah yang akan sering anda gunakan jika melakukan desain dengan Unity. Jadi ingatlah baik-baik! Camkan!


Oke, sekarang pandangannya sudah sama.


Jadikan Main Camera sebagai child dari VarPlay


Klik PLAY dan tes pergerakan dengan menekan tombol keyboard.


No comments