Favorit

Breaking News

Unity Tutorial #01 - Cara Membuat First Person Shooter (FPS)


Design Labs - First Person Shooter (FPS) merupakan jenis game paling dasar yang mampu menunjukkan seluruh aspek kekuatan rendering game 3D. Game jenis ini merupakan jenis game wajib yang harus dikuasai bagi anda yang ingin mulai berkecimpung atau berkarir dalam game development, khususnya 3D Game menggunakan Unity.

Berikut ini adalah langkah-langkah dasar pembangunan game FPS yang lebih fokus pada penyiapan area Canvas dan tampilan user layout.

Buka aplikasi baru dengan Unity


Import Variabel Model


Import Canvas View


Import Unity Controller


Jika tidak ada kesalahan maka akan terbentuk 3 folder yaitu Variable Model, Unity Controller, dan Canvas View


Variabel String

Tambahkan variabel string pada Hierarchy


Centang isEnabled dan isi Current Value dengan nama anda


Klik Play. Coba lihat apakah tulisannya ada di layar? KAGAK ADAAA! Kenapa nggak ada? Karena kita baru bikin variabelnya. Yang buat nampilinnya belum. 


Pasang Canvas melalui menu GameObject > UI > Canvas


Canvas adalah feature untuk membuat layout User Interface (UI)


Tambahkan UIText pada Canvas


Komponen UI hanya bisa ditampilkan jika berada pada viewport Canvas. Jadi pastikan posisi komponen UI berada pada viewport Canvas. Anda bisa toggle view menjadi 2D dulu biar lebih mudah


Nah, kira-kira seperti ini


Jangan lupa dipaku dulu biar UI nya nggak kemana-mana


Klik Play. Coba lihat apakah tulisannya ada di layar? KAGAK ADAAA! Kenapa nggak ada? Karena kita baru bikin variabel dan buat nampilinnya (UI/View). Tapi keduanya belum disambungin.


Jadi klik UITextnya, dan pilih tipe variabelnya


Pasangkan Variabel Stringnya


Klik Play. Coba lihat apakah tulisannya ada di layar? Yes! Berhasil


Selanjutnya, kita akan mencoba memasukan Variabel Health.


Klik Play. Coba lihat apakah tulisannya ada di layar? KAGAK ADAAA! Kenapa nggak ada? Karena kita baru bikin variabelnya. Yang buat nampilinnya belum. 


Tambahkan UIHealth Bar pada Canvas


Klik Play. Coba lihat apakah tulisannya ada di layar? KAGAK ADAAA! Kenapa nggak ada? Karena kita baru bikin variabel dan buat nampilinnya (UI/View). Tapi keduanya belum disambungin.


Klik UIHealth dan pasangkan dengan VarHealth


Klik Play. Coba lihat apakah nilai VarHealthnya sesuai dengan tampilan Health Bar? Yes! Berhasil


Selanjutnya, tambahkan Variabel Score.


Klik Play. Coba lihat apakah tulisannya ada di layar? KAGAK ADAAA! Kenapa nggak ada? Karena kita baru bikin variabelnya. Yang buat nampilinnya belum. 


Buat dulu UIText nya dan paku di pojok kanan atas


Klik Play. Coba lihat apakah tulisannya ada di layar? KAGAK ADAAA! Kenapa nggak ada? Karena kita baru bikin variabel dan buat nampilinnya (UI/View). Tapi keduanya belum disambungin.


Pasang VarScore pada UIText


Klik Play. Coba lihat apakah nilai VarScorenya sesuai dengan tampilan Score di layar.


Ganti nilai scorenya secara manual. Yes! Berhasil


Selanjutnya, tambahkan Variabel Time.


Klik Play. Coba lihat apakah tulisannya ada di layar? KAGAK ADAAA! Kenapa nggak ada? Karena kita baru bikin variabelnya. Yang buat nampilinnya belum. 


Buat dulu UIText nya untuk menampilkan timer


Klik Play. Coba lihat apakah tulisannya ada di layar? KAGAK ADAAA! Kenapa nggak ada? Karena kita baru bikin variabel dan buat nampilinnya (UI/View). Tapi keduanya belum disambungin.


Pasang Variabel Time ke dalam UI Text


Klik Play. Coba lihat apakah nilai VarTimenya sesuai dengan tampilan Time di layar. Berhasil


Khusus untuk waktu, ada format yang bisa kita pilih


Nah, kalau begini tampilannya udah mirip kayak time kan?


Selanjutnya, tambahkan Variabel Integer.


Klik Play. Coba lihat apakah tulisannya ada di layar? KAGAK ADAAA! Kenapa nggak ada? Karena kita baru bikin variabelnya. Yang buat nampilinnya belum. 


Buat dulu UIText nya untuk menampilkan integer


Jangan lupa paku ke pojok kiri bawah


Klik Play. Coba lihat apakah tulisannya ada di layar? KAGAK ADAAA! Kenapa nggak ada? Karena kita baru bikin variabel dan buat nampilinnya (UI/View). Tapi keduanya belum disambungin.


Jadi pasangkan VarInteger dengan UIText nya. Untuk variabel ini, kita akan menampilkan Bullet


Duplicate VariabelInteger ini


Beri nilai awal untuk VarInteger


Gunakan VarInteger ini untuk Magazen


Klik Play. Perhatikan hasilnya. Bagaimana? Sudah paham? Beluum! Nggak apa-apa, bisa diulang lagi dari atas.



No comments