Favorit

Breaking News

Unity Tutorial #02 - Cara Membuat First Person Shooter (FPS)


Design Labs - First Person Shooter (FPS) merupakan jenis game paling dasar yang mampu menunjukkan seluruh aspek kekuatan rendering game 3D. Game jenis ini merupakan jenis game wajib yang harus dikuasai bagi anda yang ingin mulai berkecimpung atau berkarir dalam game development, khususnya 3D Game menggunakan Unity.

Tutorial kali ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya. Jika anda tertinggal, sangat disarankan untuk membaca terlebih dahulu tutorial ini: https://www.designlabs.online/2019/10/unity-tutorial-01-cara-membuat-first-person-shooter.html

Buat Plane


Scale Planenya menjadi 10, 1, 10


Tambahkan Material baru


Pilih warna yang anda suka, misal coklat


Pasangkan material ke dalam Plane


Buat material lainnya yang berbeda warna, misal merah


Buat objek target menggunakan Cube


Pasangkan material merah


Atur Scale nya dan buat tampilannya kira-kira seperti ini


Tambahkan lagi objek lain, misal Sphere


Atur scalenya menyerupai kepala manusia


Nah, kira-kira kayak begini


Pasang materialnya, dan ta-da. Kita baru saja berhasil membuat target tembakan


Ganti namanya menjadi Target biar gaya


Duplicate Targetnya jadi banyak


Setelah itu tambahkan VarPlay


Klik Play. Eh, lupa. MainCameranya belum disamain.


Klik MainCamera dan klik Align To View


Sip! Udah sama.


Klik Play dan anda sudah bisa bergerak sesuai dengan tombol panah.


Selanjutnya klik VarPlay


Dan jadikan MainCameranya sebagai child dari VarPlay


Klik Play dan jalankan player anda


Selanjutnya, tambahkan Variabel Pointer


Masukan beberapa parameter yang dibutuhkan, dan centang Vector3


Variabel Pointer berfungsi untuk menangkap seluruh nilai yang diklik oleh mouse


Klik Play, dan coba klik sembarang. Anda dapat melihat nilai X, Y, Z berubah sesuai dengan nilai klik dan posisi mouse


Selain itu, Variabel Pointer juga dapat digunakan untuk memutarkan kamera


Klik Play dan lihat hasilnya




No comments