Favorit

Breaking News

Unity Tutorial #04 - Cara Membuat First Person Shooter (FPS)


Design Labs - First Person Shooter (FPS) merupakan jenis game paling dasar yang mampu menunjukkan seluruh aspek kekuatan rendering game 3D. Game jenis ini merupakan jenis game wajib yang harus dikuasai bagi anda yang ingin mulai berkecimpung atau berkarir dalam game development, khususnya 3D Game menggunakan Unity.

Tutorial ini merupakan tutorial akhir dari seri tutorial FPS yang selengkapnya bisa anda lihat di sini: https://www.designlabs.online/2019/10/unity-first-person-shooter-tutorial-series.html

Melanjutkan dari tutorial sebelumnya, kini kita import Character View


Import juga Effect View


Import juga Game Controller


Jika sebelumnya kita menggunakan Input Keyboard Script, sekarang kita akan menggunakan script yang lain. Jadi script ini kita REMOVE


Tambahkan If Controller


Centang is Enabled


Centang usingCondition. Atur parameter sampai mengecek penekanan tombol Mouse0


Selanjutnya centang using Integer Variable 


Masukan VarInteger (untuk Bullet) dan beri kondisi Greater Than = 0


Centang using Event Status


Dan pada True Event Status beri aksi VarInteger dikurangi 1


Dan VarPlay melakukan instantiate Objek


Klik Play dan perhatikan hasilnya


Duplicate If Controller dan ganti untuk mendeteksi tombol R


Dengan aturan yang agak mirip, lakukan deteksi untuk nilai Magazen



Klik Play dan perhatikan hasilnya


Next, kita akan pasang model FPS dari Character View


Atur posisi senjata mendekati ujung tembakan


Hilangkan MeshRendere Cube nya


Bagian ini memang membutuhkan kesabaran. Intinya anda harus menyesuaikan posisi model dengan pandangan kamera dan posisi keluarnya peluru


Setelah itu jadikan Model ini sebagai child dari MainCamera



Klik Play dan cobalah menembak


Selanjutnya, pada Effect View tambahkan prefab Muzzle


Pasang Prefab ini di ujung moncong senapan


Atur skalanya jika diperlukan


Jadikan muzzle ini prefab.variant (jika dibutuhkan loh ya)


Tambahkan GameObject tempat keluarnya efek


Pasang prefab Muzzle dan parentnya


Selanjutnya, pada event penekanan mouse0 tambah lagi satu event


Untuk menginstatiate efeknya


Klik Play dan lihat hasilnya. Udah keliatan kayak PUBG belum? Beluuum. Bodo amat!


Next, kita akan pasangkan Audio menggunakan GameObject Audio


Pada AudioSource masukan suara tembakan


Pada penekanan mouse0 tambah lagi, ada event untuk nge play suara


Dan tambahkan juga untuk suara Reload


Pada animator yang sudah disediakan secara default, terdapat 4 animation state.


Khusus untuk, reload, selain suara kita akan menjalankan animasi Reload yaitu Character_Reload


Pastikan nama animasinya sama



Klik Play dan lihat hasilnya. Sip. Gampang juga ya bikin FPS?



No comments